Thursday 9 March 2017

Pembentukan Brand association


Perkembangan teknologi komunikasi semakin memudahkan seorang dalalm menjalankan berbagai kegiatan setiap harinya. Kehadiran berbagai terobosan tekologi komunikasi tentu memudakan kegiatan diberbagai bidang komunikasi. Salah satunya pada bidang komunikasi pemasaran. kegiatan pemasaran dalam proses komunikasi pemasaran cukup penting terhadap siklus kehidupan menusia. dikatakan penting sebab pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan inilah yang menjadi konsep pemasaran.

Proses komunikasi dapat terjadi bila terdapat komunikator (pengirim), pesan, media, komunikan (penerima) dan efek. Maka bisa dijelaskan bahwa model proses komunikasi ialah komunikator mengirimkan pesan melalui media kepada komunikan yang akan menimbulkan dampak atau efek. komunikasi mempunyai banyak bidang yang salah satunya adalah komunikasi pemasaran. Proses komunikasi pemasaran terjadi ketika komunikator (produsen) akan mengirimkan pesan yang telah dirancang oleh agency iklan (pemasar) melalui media-media untuk dapat menjangkau para penerima pesan (target audiens) sehingga akan menimbulkan efek (feedback) kepada komunikator. Salah satu contoh kegiatan yang terjadi dalam komunikasi pemasaran ialah promosi. Dimana promosi  memiliki  tujuan  utama  untuk  menarik  konsumen  agar  mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Kegiatan tersebut cukup dekat dengan komunikasi dalam bidang pemasaran sebab dalam konsep pemasaran terdapat bauran pemasaran yang dikenal dengan 4p yaitu product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Dalam konsep 4 tersebut yang berkaitan dengan bidang komunikasi yaitu poin promosi.

Dalam pomosi yang dijalankan untuk menyampaikan informasi kepada konsumen, Kegiatan periklanan menjadi media utama bagi perusahaan untuk menunjang kegiatan promosi. Media yang sering digunakan dalam periklanan sendiri adalah media cetak dan elektronik. Perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi perkembangan dalam bidang periklanan. dimana dalah satu perkembangan dalam periklanan akibat teknologi yang berkembang adalah periklanan  dengan menggunakan media internet.

Periklanan telah membawa media ke khalayak global. Sifatnya yang interaktif serta tanggapan yang cepat adalah kualitas dari medium internet yang unik. Internet yang merupakan hasil dunia yang modern saat ini mempermudah setiap orang dalam kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang didukung oleh media internet menghasilkan sebuah istilah baru yang banyak digunakan yakni internet marketing.

Dalam proses yang terjadi pada komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran merupakan penyampaian pesan mengenai sebuah ide, barang atau jasa untuk mendapatkan keyakinan dari individu maupun kelompok. Dalam komunikasi pemasaran tentunya mempunyai tujuan, dimana menurut Kotler dan Keller tujuan tersebut untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan brand yang mereka jual. Internet marketing hadir sebagai media informasi untuk mencapai tujuan dari kegiatan komunikasi pemasaran tersebut. Internet marketing sebagai media, berfokus pada konsumen yang berada di dunia maya dan menggunakan akses internet sebagai media pemenuhan informasi. Informasi yang disampaikan tentang produk yang ditawarkan tentu merupakan informasi yang sesuai dengan fakta dan keadaan dari produk tersebut.

Dalam Pemasaran juga mempnuyai tujuan mengingatkan konsumen pada produk dan merek yang dijual, merek atau brand menurut AMA (American Marketing Association) memiliki pengertian yakni nama, istilah, tanda, simbol, ataupun rancangan atau kombinasi dari hal-hal tersebut. Tujuan memberikan brand adalah untuk mengidentifikasi produk atau jasa yang dihasilkan sehingga berbeda dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh pesaing. Ingatan tentang sebuah brand oleh konsumen dikenal dengan brand association yaitu segala sesuatu yang langsung atau tidak langsung terkait dalam ingatan pelanggan terhadap brand. Sebuah ingatan atau asosiasi itu tidak hanya eksis, tetapi juga memiliki suatu tingkat kekuatan. Asosiasi pada suatu brand akan lebih kuat apabila dilandasi pada banyak pengalaman atau penampakan untuk mengkomunikasikannya. banyak produk yang dapat di pasarkan melalui media internet, yang sekarang marak terjadi adalah jual fashion, hijab dan ada juga jual sepatu safety atau alat-alat keselamatan kerja yang dikhususkan untuk perusahaan.

Brand association dari sebuah brand mempunyai nilai-nilai yang membentuknya dibenak para target audiens. Berkaitan dengan hal tersebut penggunaan internet marketing sebagai media dalam proses komunikasi pemasaran juga dapat mempengaruhi terbentuknya dari brand association dari sebuah brand.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes